Faktur Anjak - Apa Artinya Dan Apa Manfaatnya?

Apakah Anda pemilik bisnis yang ingin meningkatkan arus kas bulanan, modal kerja, dan meningkatkan peringkat kredit Anda? Maka faktur anjak piutang bisa tepat untuk Anda.

Faktur faktorisasi adalah proses di mana bisnis menjual faktur mereka kepada pihak ketiga, yang disebut "faktor." Faktor membeli faktur untuk sekitar 3 hingga 5 persen lebih sedikit daripada faktur sebenarnya bernilai. Jika bisnis Anda menghasilkan jenis faktur apa pun, bisnis Anda dapat memanfaatkan faktor anjak faktur.

Setelah faktor membeli faktur, maka faktor memilikinya, dan mengumpulkan utang dari klien Anda. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus memutuskan faktur mana yang menjadi faktor, berdasarkan kredit pelanggan dan riwayat pembayaran Anda dengan bisnis Anda.

Anjak faktur Anda berarti arus kas Anda tidak menderita saat Anda menunggu pelanggan membayar. Faktor membeli utang pelanggan, meningkatkan modal kerja Anda dan peringkat kredit bisnis Anda.

Ia bekerja seperti ini: Anda mengirim faktur ke pelanggan Anda. Kemudian Anda memberi tahu perusahaan anjak faktur faktur bahwa Anda telah mengirim faktur, dan berapa jumlahnya. Biasanya, itu bisa dilakukan melalui e-mail, jadi cepat dan mudah.

Langkah kedua adalah faktor yang menegaskan faktur dengan klien Anda. Biasanya, ini dilakukan sedemikian rupa sehingga pelanggan atau klien tidak tahu bahwa Anda telah menjual faktur mereka kepada pihak ketiga. Faktor tersebut akan mengidentifikasi dirinya sebagai departemen penagihan atau perusahaan, bukan faktor faktur, dan hanya akan menelepon atau mengirim surat untuk mengonfirmasi faktur.

Beberapa perusahaan anjak faktur bersedia menjaga anjak benar-benar tidak terlihat oleh pelanggan Anda. Dan setelah Anda mengembangkan sejarah dan hubungan baik dengan faktor, mereka biasanya akan berhenti mengkonfirmasikan setiap faktur tunggal.

Setelah faktor itu mengonfirmasi faktur, mereka membayar bisnis Anda persentase dari jumlah total faktur, biasanya sekitar 70 hingga 85 persen. Ini disebut "tingkat kemajuan," dan ini adalah salah satu poin utama untuk dilihat ketika memilih perusahaan anjak piutang. Ketika faktor mengumpulkan faktur dari pelanggan Anda, Anda akan mendapatkan sisa uang yang Anda miliki.

Anjak manfaat bisnis yang memiliki sejarah kredit yang buruk, tidak ada sejarah kredit, atau aset keras yang terbatas. Anjak juga membantu bisnis ketika mereka baru memulai, karena sering dapat mengambil waktu untuk membangun arus kas yang stabil.

Selain itu, faktorisasi faktur memungkinkan Anda untuk meningkatkan modal kerja tanpa mengambil hak gadai terhadap agunan Anda yang lain, jadi hanya ada sedikit risiko bagi Anda.

Sebagai pemilik bisnis, Anda tahu betapa frustrasinya ketika menunggu pelanggan membayar. Bahkan jika faktur Anda belum jatuh tempo sama sekali, masih diperlukan waktu berminggu-minggu untuk mengumpulkan dana yang perlu Anda masukkan kembali ke bisnis Anda dengan segera. Faktur anjak dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan mengurangi tingkat stres Anda sendiri.

Untuk anda yang ingin berbisnis properti sebaiknya anda baca properti investasi banyak tips dan cara investasi properti yang baik dan benar. Bisnis properti yang maju akan menghasilkan uang yang banyak bagi para investor.
Previous
Next Post »